MIS Fatimiyah Ende

PETUAH (Pesantren Sabtu Ahad)

Sabtu 16 September 2023, MIS Fatimiyah melaksanakan kegiatan Pesantren Sabtu Ahad (PETUAH) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VI. Kegiatan PETUAH ini merupakan program dari seksi keagamaan yang dikoordinasi oleh Ibu Sa'atun Zohriah, S.Pd, dalam rangka meningkatkan karakter religius dan melatih siswa untuk mampu mempraktekkan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu dan Ahad pada setiap bulan.  Ini menjadi program prioritas Kepala Madrasah dalam memberantas buta baca Al-Qur'an bagi siswa MIS Fatimiyah.

PETUAH (Pesantren Sabtu Ahad)

Kegiatan pembukaan pesantren Sabtu Ahad (PETUAH) dibuka secara resmi oleh ibu Nurdiyah, S.Ag, selaku Pengawas Madrasah tingkat MI. Dalam sambutannya Ibu Pengawas menekankan pada tujuan diselenggarakannya program PETUAH ini yaitu aspek ibadah serta kedisiplinan yang menjadi fokus utama pembinaan santri. Kegiatan PETUAH ini diawali dengan penyampaian materi tentang iman dan amal Sholeh yang disampaikan langsung oleh Ibu Nurdiyah, S.Ag, kemudian dilanjutkan dengan membaca Al-Qur'an, sholat Maghrib berjama'ah, latihan ceramah agama dan sholat isya berjamaah. Selain itu pada dini harinya seluruh santri dibangunkan untuk melaksanakan sholat tahajud berjama'ah dan setelah itu membaca Juz 30 sambil menunggu sholat Subuh. Di waktu suruq santri diarahkan untuk membersihkan tempat tidur, olahraga bersama kemudian mandi dan sarapan. Kegiatan selanjutnya sholat Dhuha berjama'ah dan diakhiri dengan tadabur alam.


Pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan bisamemberikan penanaman nilai kedisiplinan,adab dan ketaatan dalam beribadah, serat sikap religius yang semakin kuat tumbuh dalam diri para santri MIS Fatimiyah.




Posting Komentar

0 Komentar